KABARBATAM.COM, BATAM– PT Citra Shipyard Tanjunguncang Batam menerima order pembuatan dua unit kapal dari Kementerian Perhubungan. Dua kapal yang dipesan yakni jenis Kapal Negara‎ (KN) Kapal Pengamat Perambuan (KPP).

Adapun jenis dua kapal negara itu merupakan project progran pembuatan kapal Hull-296 KN Benggala dan Hull- 297 KN Bepondi.
Launching ceremony pembuatan kapal dihadiri Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI  Atonny Budiono, Sabtu (16/7/2016).‎

Kedua jenis kapal ini akan diperuntukkan untuk mendukung operasional KPP di wilayah Papua dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).
Direktur PT Citra Shipyard Ali Ulai mengatakan, penyelesaian kapal tersebut ditargetkan bertepatan dengan HUT Republik Indonesia yakni 17 Agustus 2016. “Ini sekaligus kado kemerdekaan,” kata Ali Ulai.

Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun mengungkapkan bahwa PT Citra Shipyard sudah ambil bagian dalam memajukan industri shipyard di dalam negeri, khususnya Kepulauan Riau.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan, Nurdin menyatakan akan terus mendukung keberlanjutan industri perkapalan di Kota Batam. “Terlebih kita menginginkan Kepri siap menyongsong Poros Maritim Indonesia dan Dunia. Salah satunya dengan terus memajukan industri shipyard yang sudah ada agar lebih maju lagi,”ujarnya. (btd/aan sahputra)